LOMBOK BARAT

Dirjen Dukcapil Apresiasi Program Adminduk Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Berbagai inovasi layanan kependudukan dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lombok Barat. Terbaru Dukcapil Lombok Barat sedang mempersiapkan layanan adminduk di puskesmas se Lombok Barat. Hal ini ditandai dengan pertemuan dan penandatanganan pra MOU antara Dinas Dukcapil dan Dinas Kesehatan Terkait inovasi dan Program dalam rangka mempermudah masyarakat dalam memiliki dokumen kependudukan.

Hadir dalam pertemuan tersebut Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, Sekretaris Daerah DR. H. Baehaqi, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi NTB, Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat, Staf ahli, Kepala Dinas Kesehatan, Perwakilan OPD, Kepala Puskesmas se Kabupaten Lombok Barat.

Dalam sambutannya Sekretaris daerah kabupaten Lombok barat H.Baehaqi mengapresiasi Dinas dmDukcapil atas berbagai inovasi dan terobosan serta program yang akan dilaksanakan. Menurutnya program tersebut sangat baik karena dapat mempermudah masyarakat dalam memiliki dokumen administrasi mulai dari KTP, KIA dan Akte kelahiran serta KK. Menurut Sekda dokumen dokumen tersebut merupakan dokumen penting yang harus dimilikk oleh setiap orang.

“Dengan program ini diharapkan masyarakat bisa tertib administrasi dan bisa dengan mudah dalam melengkapi surat-surat yang dibutuhkan sebagai syarat dalam mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan ataupun pendistribusian bantuan lainnya,” jelasnya.

Sekda Baehaqi mengatakan susuai dengan arahan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Pemkab Lombok Barat dalam hal ini Dukcapil Lombok Barat terus melakukan berbagai inovasi dalam mendekatkan layanan kependudukan ke masyarakat.

Hal ini menurut Sekda sangatlah penting karena KK dan KTP serta akta kelahiran dan dokumen kependudulan lainnya sangat penting di waktu mendatang. Ia mengatakan bahwa dengan layanan ini tentu masyarakat Lombok Barat yang berjumlah sekitat 748 ribu lebih akan semakin mudah untuk mengurus admininistrasi kependudukan.

“Inovasi yang dilaksanakan Dinas Dukcapil dengan bersama puskesmas Se Lombok Barat dalam rangka inovasi dan program kebijakan berupa gardu santun,, pemberantasan kasus stunting. Langkah ini tentu mempermudah masyarakat dalam memiliki dokumen kependudukan,” jelasnya.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Prof. DR.H. Zudan Arif Fakrulloh sangat mengapresiasi upaya dan terobosan serta inovasi layanan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Dukcapil)dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Lombok Barat.

Menurutnya inovasi ini akan sangat mempermudah pendudukan dalam memeroleh dokumen kependudukan. Pihaknya menyampaikan apresiasi yang mendalam karena Dukcapil Lombok Barat terus melalukan berbagai terobosan yang mendekatkan dan memudahkan layanan administrasi kependudukan.

“Sudah sepatutnya Kebijakan pemerintah daerah dan inovasi yang akan di program kan oleh Dinas Dukcapil bekerjasama dengan Puskesmas di Lombok Barat dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat. Program ini adalah inovasi yang luar biasa dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang baik dan efesien kepada masyarakat,” jelasnya.

Dirjen juga mengatakan bahwa inovasi inovasi ini dapat dijadikan contoh dan rujukan daerah lain. Hal ini agar layanan administrasi kependudukan di seluruh Indonesia dapat berjalan dengan lancar dan efisien. Ia mengatakan bahwa Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Ditjen Kependudukan dan catatan sipil terus mendorong agar semua daerah bergerak cepat dalam memberikan layanan administrasi kependudukan. Inovasi layanan menjadi kunci penting dalam mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Tentu kami terus mendorong layanan administrasi kependudukan memiliki inovasi yang masif sehingga layanannya berjalan dengan baik dan efektif.” ujarnya.

Diskominfotik

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button