LOMBOK BARAT

Antisipasi Angin Kencang, Pemkab Lobar Akan Rampingkan Pohon Sepanjang Jalur Sekotong-Gerung

Gerung – Mengantisipasi cuaca buruk dan angin kencang Wakil Bupati Lombok Barat Hj Sumiatun memerintahkan jajarannya untuk melakukan langkah cepat dalam merampingkan pohon di wilayah Lombok Barat. Hal ini menurut Wabup Hj Sumiatun untuk mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan. Perintah tersebut langsung ditindak lanjuti oleh jajaran Pemkab Lobar dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Lombok Barat dengan menggelar rapat koordinasi mengenai penebangan pohon tahap 1 pada jalur Gerung – Lembar – Sekotong. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Umar Madi pada hari Jumat (19/8/2022).

Hadir dalam kegiatan Kepala Pelaksana BPBD Mahnan,S.STP, Camat Lembar Agus Sutrisman, Camat Sekotong Lalu Pardita Utama, Perwakilan Pol PP, Dinas Perhubungan, perwakilan dari PLN dan Telkom Lobar.

Tujuan utama dari rapat ini ialah untuk menindaklanjuti arahan dari Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun mengenai perantingan atau penebangan pohon yang tidak dalam kondisi baik di sepanjang jalur Gerung – Lembar – Sekotong. Kalak BPBD Mahnan mengatakan bahwa selain atas arahan Wabup, Pemkab juga membuat keputusan ini karena cuaca berangin yang saat ini sedang melanda dapat menyebabkan pohon menjadi tumbang. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

“Sekarang sedang cuaca berangin, pohon-pohon yang sudah tidak layak pun banyak yang tumbang, sehingga menimbulkan beberapa korban jiwa. Jadi agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan kita akan lakukan perampingan pohon,” jelasnya.

rapat koordinasi mengenai penebangan pohon tahap 1 pada jalur Gerung – Lembar – Sekotong. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Umar Madi pada hari Jumat (19/8/2022).

Ia juga mengatakan bahwa tim penebang pohon akan terbagi menjadi dua tim, yaitu tim Pemkab Lobar dan tim dari PLN bersama Telkom. Hal ini untuk mempercepat proses penebangan atau perampingan pohon disepanjang jalur Sekotong-Gerung. “Kemudian untuk POL-PP dan Dishub akan dibagi secara rata pada dua tim tersebut agar lalu lintas pada saat proses penebangan tetap lancar dan tidak terganggu,” terangnya.

Sementara itu dalam pemaparannya Camat Lembar Agus Sutrisman mengatakan bahwa dalam beberapa hari lalu di Lembar, khususnya daerah Desa Jembatan Kembar telah terdapat tiga pohon yang tumbang. Hal ini karena cuaca yang kurang bersahabat. Selain itu hal ini juga terjadi karena usia pohon yang sudah cukup tua. “Tumbangnya pohon-pohon ini diduga akibat dari akar mereka tidak kuat menahan bobot pohon karena tempat penanaman yang berada tepat di samping saluran air.” jelasnya.

(Diskominfotik/Angga/Dhea).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button