TNI Polri

Peringati Malam Nuzulul Qur’an, Pasiren Kodim 1606 Mataram Berikan Tausiah

Lombok Barat – Momentum hari ke-17 pada bulan Ramadan atau sering di sebut malam Nuzulul Qur’an dimana pada malam tersebut umat muslim memperingati turunnya kitab suci Al-Qur’an. Perwira Seksi Perencanaan (Pasiren) Kodim 1606/Mataram memberikan tausiah Nuzulul Qur’an 1443 H di Masjid Babussalam Lawang Kute, Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Selasa Malam (26/4/2022).

Dalam ceramahnya Pasiren Mayor Inf Sarbini menyampaikan, “kita sedang mendapatkan ujian dari Tuhan yang Maha Esa, bahwa saat ini kita telah dibatasi ruang geraknya akibat dampak dari pandemi virus COVID-19, namun itu semua tidak mengurangi makna dari peringatan Nuzulul Qur’an. Amal saleh kita itu memiliki nilai investasi di akhirat, pentingnya amalan bagi manusia terutama amalan pada bulan Ramadhan, amalan-amalan tersebut dibagi menjadi tiga yaitu amalan yang manfaatnya hanya dirasakan ketika di dunia contohnya tidur, makan dan minum. Kedua amalan sholeh yaitu amalan jariyah yang dapat menjadi investasi di akhirat. Kemudian yang terakhir adalah amalan yang membawa kerugian dunia dan akhirat,” jelasnya.

Ia menambahkan, “mari memanfaatkan bulan suci Ramadhan ini sebagai waktu yang tepat bagi kita dalam memperbanyak amalan, terutama amalan jariyah. Amalan ini akan terus berjalan ketika kita wafat, sehingga manfaatnya sangat besar. Contohnya adalah dengan membangun masjid, memiliki anak yang sholeh, dan mengajarkan ilmu dan lain-lain,” tambahnya.

“jiwa yang merasa tentram kepada Allah, rindu bertemu dengannya, merasa tenang dan menghibur diri dengan dekat kepadanya adalah jiwa yang muthmainnah. Allah SWT menurunkan mukjizat terbesarnya pada bulan Ramadhan yaitu Al-Qur’an untuk kita baca dan pahami maknanya, serta diamalkan. Sebagaimana dalam sebuah hadits yang menyebutkan bahwa akhlak Rasulullah SAW adalah Al-Qur’an,” tutupnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button