LOMBOK BARAT

Ingin semua desa ODF, Bupati Fauzan kunjungi dataran tinggi Mareje Timur

LOMBOK BARAT – Komitmen Pemkab Lombok Barat dalam mewujudkan semua desa di Lombok Barat Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan tidak perlu diragukan lagi. Berbagai upaya dan langkah telah dilakukan oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid bersama jajaran untuk mewujudkan ODF di semua Desa di Lombok Barat. Dari 119 Desa di Lobar, 110 Desa telah ODF dan 9 Desa belum ODF. Dengan kondisi ini Lobar telah ditetapkan sebagai Kabupaten ODF karena sebagian besar Desa sudah ODF.

Salah satu yang dilakukan oleh Bupati Lobar untuk mewujudkan ODF disemua desa adalah ini adalah dengan melakukan pemantauan secara langsung hingga dusun. Hal ini untuk memastikan bahwa dusun tersebut sudah ODF serta untuk mencari langkah cepat dalam menanangani dusun dan desa yang belum ODF. Kali ini Bupati Lobar dan jajaran turun langsung ke Dusun Apit Taik, Desa Mareje Timur, Kecamatan Lembar, Selasa (22/3/2022). Desa ini dari data yang ada sudah ODF.

Bupati Fauzan dan jajarannya secara langsung meninjau kondisi rumah warga di dusun tersebut. Ia ingin memastikan bahwa warga di dusun tersebut memiliki WC sehingga memenuhi kriteria ODF. Hal ini diperlukan untuk menjaga semangat semua pihak untuk mewujudkan ODF di Lombok Barat. “Pemkab terus bergerak cepat untuk wujudkan 9 Desa yang belum ODF dan menjaga agar Desa yang sudah ODF tetap memenuhi kriteria ODF” ujarnya.

Dalam peninjauan itu Bupati Lobar mengatakan bahwa Dusun Apit Aik memenuhi syarat ODF. Hal ini karena warga telah memiliki jamban sehingga tidak buang air sembarangan. Hal ini menjadi kriteria penting sehingga bisa ODF.

Bupati yang sukses memimpin Lobar dua periode ini mengatakan bahwa dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi semua pihak untuk mewujudkan 9 Desa yang belum ODF agar segera ODF. Dengan kerjasama dan kolaborasi ini akan memudahkan langkah menuju semua Desa di Lobar ODF. Selain itu dengan kolaborasi ini tentu semua pihak dapat bergerak cepat dan tepat untuk mewujudkan semua desa menjadi ODF di Lombok Barat. “Kolaborasi dan kerjasama menjadi kunci dalam berbagai kerja yang kita lakukan. Dengan kebersamaan dan kolaborasi ini segalanya dapat berjalan cepat dan efektif” ujarnya.

Hadir dalam kunjungan ke Dusun Apit Taik Desa Mareje Timur Kecamatan Lembar antara lain Bupati Lobar, Asisten 1 Setda Lobar yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Lobar, Kadis PMD Heri Ramadhan, Camat Lembar, Kepala Puskesmas Eyat Mayang Akmal Rosamali dan Kepala Desa Mareje Timur.

(Diskominfotik/Tim KIM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button