News

Dukung Event MotoGP, Kantor SAR Mataram Gelar Rakor dan Latihan

lombokinfo.co.id, MATARAM – Dalam mendukung event MotoGP di sirkuit internasional Mandalika Lombok Tengah, Kantor SAR Mataram selenggarakan rapat koordinasi (Rakor) dan latihan SAR.

Usai membuka acara tersebut, Rabu (9/3/2022) di Lombok Barat, Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah kesiapsiagaan Basarnas dan instansi/pihak terkait untuk saling koordinasi dan bekerja sama dalam mengantisipasi terjadinya berbagai hal yang tidak diinginkan pada saat event MotoGP yang akan berlangsung pada tanggal 18 sampai 20 Maret 2022.

“Kami sudah menginventarisir potensi kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan manusia yang mungkin terjadi pada saat penyelenggaraan event MotoGP,” katanya.

Inventarisir telah dimulai sejak sebelum gelaran Word Superbike berlangsung, dan disimulasikan dari mulai menerima laporan hingga seluruh proses penanganan sesuai prosedur.

“Saat ini kita latihkan terkait bencana gempa bumi yang mengakibatkan korban tertimpa reruntuhan,” pungkasnya.

Saat MotoGP berlangsung, siaga SAR khusus tidak hanya difokuskan pada tier satu atau sekitar sirkuit, namun juga di luar area tersebut. Helikopter akan kembali disiagakan di helipad medical center sirkuit Mandalika untuk mengantisipasi jika ada pembalap yang membutuhkan evakuasi.

Dalam sambutannya, ia juga berharap melalui kegiatan ini akan tercipta sumber daya manusia yang handal dan profesional serta kesamaan pola pikir dan pola tindak.

SAR Mataram

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button