TNI Polri

Babinsa Dampingi Petani Wujudkan Ketahanan Pangan, Ini Dia Kata Dandim Lotim

Lombokinfo.co.id l Lombok Timur – Ketersediaan pangan bagi masyarakat di daerah menjadi prioritas utama dalam pemenuhannya. Untuk mendorong hal tersebut, Kodim 1615/Lotim melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) terus berupaya melakukan pendampingan para petani di desa seperti yang dilakukan Babinsa Masbagik Timur Koramil 1615-05/Masbagik Koptu Lalu Zainudin.

Koptu Lalu Zainudin melaksanakan pendampingan pembajakan sawah seluas 30 yang akan ditanami padi di Dusun Penyaong Desa Masbagik Timur Kecamatan Masbagik. Dihari yang berbeda, Koptu Lalu Zainudin juga membantu petani Dusun Tuntel di Desa setempat untuk memanen lombok hijau.

Terkait dengan itu, Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Amin Muhammad Said, SH., disela-sela kesibukannya di Makodim, Rabu (26/1/2022) mengatakan Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial harus berada ditengah-tengah masyarakat karena memang ia harus dekat dengan warga desa binaannya.

Kedekatan itu menurutnya, bisa dilakukan dengan memperbanyak silaturahmi dan komunikasi sosial dengan masyarakat baik tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh komponen masyarakat tidak terkecuali petani yang ada di desanya.

“Jadi komunikasi sosial itu tidak hanya bisa dilakukan di rumah, namun bisa dilakukan dimana saja seperti yang dilakukan oleh Babinsa kita ini di areal persawahan sambil mensupport dan mendampingi para petani untuk mengelola dan mengusahakan lahan pertaniannya dengan baik,” papar Amin.

Dengan demikian, sambungnya, ketahanan pangan di wilayah khususnya di Kabupaten Lombok Timur dapat terpenuhi secara merata.

Alumnus Akmil 2002 itu juga menjelaskan ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan akan pangan bagi keluarga yang dapat dilihat dengan tersedianya pangan secara cukup baik dari jumlah, mutu, keragaman dan terjangkau oleh masyarakat.

Untuk itu, ia mendorong para petani untuk mengelola dan memanfaatkan lahan persawahannya secara maksimal sehingga kebutuhan pangan masyarakat khususnya di daerah tercukupi. (FI067)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button