LOMBOK BARAT

Bupati Fauzan Kerahkan Ratusan ASN Gotong Royong Bantu Masyarakat Terdampak Bencana

LOMBOK BARAT, lombokinfo.co.id – Untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir dan longsor di kecamatan Gunung Sari, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid mengerahkan ratusan ASN untuk gotong royong membantu masyarakat bersih bersih rumah dan lingkungan sekitar yang masih dipenuhi oleh material banjir dan longsor. Kegiatan ini dilaksanakan jumat dan sabtu, 8-9 Januari 2022.

Ditemui di lokasi gotong royong, Kadis Kominfotik Lombok Barat, Ahad Legiarto mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pemkab terhadap musibah banjir dan longsor yang terjadi beberapa waktu lalu. Menurutnya hal ini sesuai dengan perintah Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat agar ASN dikerahkan untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana.

Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan gotong royong membantu masyarakat membersihkan rumah dan lingkungannya masih ditutupi oleh material longsor dan banjir beberapa waktu lalu.

“Ini bentuk kepedulian pemkab dalam membantu masyarakat bersih bersih pasca banjir dan longsor yang terjadi beberapa waktu lalu. Kegiatan ini juga sebagai langkah untuk tetap mendekatkan ASN dengan masyarakat karena pada dasarnya ASN merupakan pelayan bagi masyarakat lombok barat,” ujarnya.

Ahad Legiarto mengatakan bahwa kegiatan ini telah dilakukan beberapa kali setiap akhir pekan. Ia mengatakan Bupati bersama Wakil Bupati dan Sekda serta semua kepala OPD ikut turun langsung dalam kegiatan gotong royong yang dipusatkan dibeberapa titik ini. Kegiatan ini dilakulan mulai dari saat terjadinya bencana hingga saat ini.

Banyaknya material longsor dan banjir membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk melakukan bersih bersih di lingkungan warga yang terkena bencana. Apalagi dengan kondisi padatnya pemukiman warga di beberapa lokasi menyebabkan alat berat tidak bisa masuk sehingga dilakukan secara manual.

“Kegiatan ini untuk memupuk kepedulian dan kesetiakawanan sosial sehingga akan terus dilakukan untuk meringankan beban warga yang terdampak bencana”ujarnya.

Kegiatan bersih bersih ini selain diikuti oleh ratusan ASN juga diikuti oleh TNI-Polri. Diharapkan kegiatan ini dapat mempercepat proses recovery pasca bencana banjir dan longsor di kecamatan gunung sari. Seperti diketahui, pada akhir tahun 2021 lalu Kabupaten Lombok Barat dilanda banjir dan tanah longsor.
Dari data BPBD Lobar 5 kecamatan di Lombok Barat terdampak bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Gunung Sari dan Batulayar menjadi daerah yang paling terdampak. Selain itu musibah banjir dan longsor ini juga menyebabkan 5 korban jiwa tepatnya di dusun Batulayar Itara desa Batulayar Barat kecamatan Batulayar.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button