TNI Polri

Dandim 1615/Lotim Instruksikan Satuan Jajaran Bantu Korban Banjir di Lombok Barat

LOMBOK TIMUR, lombokinfo.co.id – Hujan lebat mulai kemarin (Minggu, red) hingga hari ini mengguyur wilayah NTB tidak terkecuali Kabupaten Lombok Timur yang mengakibat banjir bandang dibeberapa wilayah termasuk banjir Rob di Kecamatan Keruak dan Jerowaru.

Melihat kondisi tersebut, Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Amin Muhammad Said, SH., sejak pagi tadi langsung memantau kondisi wilayah yang terdampak banjir di beberapa desa di Kecamatan Jerowaru dan Keruak, Senin (6/12/2021).

Menurutnya, banjir Rob ini merupakan suatu kondisi dimana permukaan air laut lebih tinggi dari pada bibir pantai atau daratan pesisir pantai sehingga menggenangi daerah sekitarnya. Rumah warga yang terletak di dekat pantai secara otomatis akan terdampak banjir ataupun tergenang air.

Menyikapi musim hujan saat ini, Dandim 1615/Lotim mengingatkan masyarakat agar tetap tenang dan waspada serta memantau perkembangan di wilayah masing-masing dengan harapan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti banjir dan longsor segera dapat mengamankan diri termasuk barang-barang berharga miliknya.

Selain itu, Alumnus Akmil 2002 tersebut mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama saluran irigasi atau drainase dengan bergotong royong membersihkan sampah ataupun tanah endapan yang ada sehingga air hujan mengalir dengan lancar tanpa hambatan.

“Kita ketahui bersama bahwa saluran irigasi yang ada tidak dapat menampung debet air hujan sehingga meluap dan menggenangi badan jalan, bahkan memasuki rumah warga yang berada di bawah badan jalan,” terang Amin.

Ia juga menginstruksikan Koramil jajarannya untuk terus memantau perkembangan wilayah bersama instansi terkait dan melaporkannya pada kesempatan pertama sehingga dapat melakukan langkah-langkah antisipasi dalam penanganan bencana secara cepat dan tepat.

“Kami sudah koordinasikan dengan Pemerintah Daerah maupun instansi terkait dalam penanganan korban dan rumah yang terdampak banjir sehingga rumah bisa langsung bisa ditempati oleh pemilikinya,” ujarnya.

Selain memantau perkembangan banjir Rob di kecamatan Jerowaru dan keruak, Dandim 1615/Lotim didampingi Danramil juga memantau perkembangan terakhir banjir bandang di Kecamatan Pringgabaya yang sudah surut dan warga sudah mulai melakukan pembersihan rumah dari lumpur dan sisa air akibat banjir ataupun genangan air. (ISJ07)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button