Sumbawa Besar – Kepala Kepolisian Sektor Empang Polres Sumbawa Akp Sarjan melaksanakan monitoring dan pendampingan kegiatan vaksinasi bagi lansia di wilayah Kecamatan Empang, Senin (26/04/21) pagi.

Kegiatan vaksinasi yang berlangsung di Kantor Desa Pemanto Kecamatan Empang tersebut dilaksanakan langsung oleh petugas dari Puskesmas Kecamatan Empang.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Empang mengatakan bahwa pengamanan kegiatan pemberian Vaksin Covid-19 bagi lansia itu bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada penerima vaksin agar tidak perlu takut dalam menerima suntik vaksin tersebut.

“Hal ini dilaksanakan juga dalam rangka mengantisipasi apabila ada penolakan, sehingga pelaksanaan kegiatan pemberian Vaksin Covid-19 tersebut dapat berjalan aman dan kondusif.” ucap Kapolsek.

Lebih lanjut Kapolsek, bahwa tidak semua para lansia penerima vaksin dapat langsung di vaksin, karena sebelumnya terlebih dahulu peserta harus melaksanakan pemeriksaan mulai dari pendaftaran, kemudian tahap screening dan selanjutnya bagi yang memenuhi syarat dilanjutkan melaksanakan Vaksinasi. Setelah itu di observasi selama 30 menit, apabila tidak ada keluhan bisa melanjutkan aktivitas masing-masing.

“Yang telah terdaftar sebagai penerima vaksin khususnya di desa pemanto ini sebanyak 171 orang, dan hari ini yang telah di vaksin sebanyak 50 orang dan yang belum di vaksin sebanyak 121 orang, Alhamdulillah hari ini berjalan aman dan lancar” Terang Kapolsek.

Kapolsek juga menambahkan bahwa program kampung sehat NTB yang selama ini telah berlangsung sangat efektif dalam memulihkan kondisi masyarakat serta melalui program tersebut juga dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk memperbaiki pola hidup yakni dengan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan.
Hal tersebut juga berdampak terhadap keinginan masyarakat untuk hidup normal kembali, hal ini ditunjukan melalui semangat masyarakat yang tidak takut dan ingin cepat di vaksin.