Lombokinfo.co.id, Lombok Barat – Trade and Distribution Center (TDC) Mahadesa Desa Saribaye Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat telah diresmikan oleh PT. Gerbang NTB Emas (GNE) selaku BUMD yang menginisiasi program ekonomi ini yang berbasis pada BUMDES, senin (8/2/2021).

Direktur Utama PT. GNE Samsul Hadi dalam sambutannya menyatakan bahwa program ini adalah salah satu bentuk ikhtiar Pemerintah Provinsi bersama PT. GNE untuk memajukan perekonomian masyarakat pada tingkat desa yang ujung tombaknya adalah BUMDES.

“program TDC Mahadesa terus berupaya membangun ekosistem ekonomi baru berbasis desa yang dimana Bumdes sebagai garda terdepan dalam meningkatkan perekonomian desa melalui pemberdayaan pemuda dan masyarakat setempat,” Jelas Samsul Hadi.

Ia menuturkan bahwa peluang TDC dalam membangun ekonomi baru sangat besar karena pangsa pasarnya sudah jelas. Contoh kecil saja kebutuhan primer masyarakat sebut saja minyak, gula, beras, pulsa, paket internet dan lainya. Ketika semua item ini dikapitalisasi oleh Bumdes, maka pergerakan ekonomi akan meningkat di desa.

“Contoh, Kebutuhan satu KK per bulan anggap saja Rp. 500.000, jika dalam satu desa memiliki 500 KK bisa dihitung uang yang beredar di desa tersebut selama satu bulan sebesar Rp 250.000.000. Ini hanya sebagian kecil saja, jikalau 1.000 KK berapa uang yang beredar dalam satu bulan?,” Paparnya.

Program TDC Mahadesa, lanjutnya, hadir untuk membantu Bumdes dalam mengelola perekonomian desa agar lebih profesional dengan menggunakan teknologi kekinian. Setiap Bumdes akan diinstalkan program TDC Mahadesa, sehingga semua kebutuhan masyarakat tercover melalui big data yang sudah disiapkan.

Era digital saat ini menjadi tantangan sekaligus peluang untuk dimnafaatkan sebaik mungkin. Belanja online dari platform seperti Tokopedia, Shoope, Lazada, Bukalapak danlainnya sudah familiar sehingga TDC Mahadesa mengembangkan platform yang bisa belanja online dari rumah sambil rebahan, barang yang dipesan lewat handphone sampai sesuai pesanan.

“Ikhtiar mendigitalisasi desa melaui program TDC Mahadesa, semoga bisa berkontribusi banyak dalam meningkatkan ekonomi desa. Jalan panjang harus dilalui dari jalan setapak yang banyak duri dan rintangnnya, semoga ikhtiar ini bisa menjadi batu batanya mewujudkan NTB gemilang,” tutupnya.

Acara yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ini berlangsung meriah. Dalam peresmian tersebut, hadir juga Komisaris Utama dan Direktur Utama PT. GNE Kepala Desa Saribaye, BPD, Mahasiswa KKN Unram dan masyarakat umum.