Mataram – Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram, H. Baihaqi dan Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi temui tokoh nasionalis, Mantan Gubernur NTB, TGB. Zainul Majdi di kediamannya di Mataram pada Senin (2/11). Dalam kesempatan tersebut, paslon Pilwali berjuluk Mataram BARU itu saling berdiskusi sekaligus meminta wejangan dari TGB tentang bagaimana seharusnya Kota Mataram kedepan.

Cucu dari pahlawan nasional TGH. Zainuddin Abdul Majid itu meminta agar pemimpin harus menunjukkan rasa cinta terhadap daerah yang akan dipimpinnya. Hal itu menurutnya adalah kunci untuk menjadi pemimpin yang baik di mata masyarakatnya sehingga kedepan tercipta suatu daerah yang maju dan sejahtera.

“Pemimpin harus menunjukkan rasa cinta terhadap kota mataram. Kalau pemimpinnya mencintai kota mataram maka masyarakatnya juga akan mencintai pemimpinnya,” kata TGB. Zainul Majdi dihadapan Baihaqi dan Diyah Ratu Ganefi.

Kemudian TGB juga menyoroti terkait ketimpangan kemiskinan yang masih tinggi di Kota Mataram, seperti dikawasan pesisir atau masyarakat nelayan. Ia meminta kepada paslon Mataram BARU agar membenahi persoalan tersebut pada periode kepemimpinannya di Kota Mataram nanti. “Kemiskinan di daerah nelayan atau pesisir, terkait dengan masih tingginya ketimpangan antara kaya dan miskin,” katanya.

Visi dan misi program Mataram BARU, tentang pembenahan tata kelola kota dan transportasi, juga kebersihan lingkungan, sejalan dengan harapan TGB yang menginginkan Kota Mataram kedepan dapat lebih baik. Terutama tentang kebersihan pasar tradisional, yang menurutnya bagi kebanyakan orang atau pemimpin telah salah menafsirkan.

Ia mengatakan, pasar dalam suatu daerah perkotaan bukanlah merupakan halaman belakang, melainkan cerminan kebersihan dan kenyamanan dari daerah tersebut. Sebagaimana teladan dari Nabi Muhammad yang patut di contoh, yakni mencerminkan kondisi sebuah pasar dengan kepribadian setiap pemimpin.

“Kemauan orang kota itu simple, ingin transportasi yang baik, tidak banjir dan kotanya bersih. Banyak orang atau pemimpin itu menganggap pasar itu sebagai halaman belakang. Jadi nantinya bagaimana agar pasar menjadi halaman depan, karena ketika pasarnya bersih maka kotanya juga ikut bersih,” tandasnya.

Harapan TGB. Zainul Majdi itu tentunya bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan bagi paslon Baihaqi dan Diyah Ratu Ganefi, karena sejalan dengan visi – misi program kerjanya. Sehingga dukungan dari tokoh Nahdlatul Wathan ini, akan terus dipegang dan kedepan akan menjadi program prioritas Mataram BARU.

aNd