Hasil survei 2 lembaga, pasangan H. Mohan Roliskana – TGH. Mujibburahman posisi teratas

Mataram – Dua lembaga survei elektabilitas yang mengulas calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram periode 2021 – 2026 pilihan masyarakat, menempatkan pasangan HARUM, H. Mohan Roliskana – TGH. Mujibburahman pada posisi teratas menyaingi 3 pasang calon lainnya. Pihak HARUM mengklaim bahwa ketertarikan masyarakat untuk memilih Mohan – Mujib berada pada angka 45 hingga 47 persen, dengan tingkat kesalahan (margin error) pada angka 2 persen.

Juru bicara tim pemenangan HARUM, H. Firadz Fariska saat ditemui pada Selasa (6/10) menyatakan apresiasinya terhadap warga masyarakat yang memberi dukungan terhadap Mohan dan Mujib untuk memimpin kembali Kota Mataram.

“HARUM hingga saat ini sudah menggunakan 2 lembaga survei yang kredible. Posisi kami berkisar diantara 47 persen. Dua lembaga survei ini tidak jauh berbeda hasilnya. Dan hasilnya selisih antara paslon lain sangat signifikan. Kami sangat mengapresiasi kepada masyarakat yang masih memberi kepercayaan kepada HARUM untuk memimpin Kota Mataram,” ungkapnya.

Meski demikian Firadz menyampaikan, bahwa indikator masyarakat yang belum menentukan pilihan dalam survei tersebut juga masih tinggi. Kondisi inipun menjadi pecutan bagi tim relawan pemenangan untuk lebih reaktif dan berperan serta membantu penyelenggara Pemilu meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

“Indikatornya masyrakat yang tak menentukan pilihan itu masih tinggi diangka 30 persen yang diantaranya adalah kaum muda. Sehingga kami mencoba menyentuh kaum – kaum muda yang tidak begitu tertarik dengan pilkada itu dengan cara – cara kreatif. Kami telah mempersiapkan konten kampanye khusus untuk terus mengedukasi mereka sehingga mereka turut juga merasakan pesta demokrasi,” katanya.

Tempat itu lanjut Firadz, sudah terpetakan dibeberapa pilihan lokasi. Diantaranya Taman Kota Udayana Mataram, kawasan Kota Tua Ampenan dan Pantai Ampenan. Kemudian setelah semua berjalan, tim pemenangan selanjutnya akan melakukan survei kembali guna melihat indeks kepedulian kaum muda terhadap pesta demokrasi Pilkada serentak.

“Kami akan melakukan survei kembali. Kami tidak gegabah tentu saja akan kami gunakan lembaga survei yang kredible. Dan kami akan membandingkan dari hasil survei – survei ini untuk melihat polanya,” pungkas Firadz.

dBd