Mataram – Puluhan orang warga masyarakat Bima dan Dompu yang tinggal di Kota Mataram, menggelar acara silaturahmi keluarga besar, di Lingkungan Taman Baru Kelurahan Pagesangan Timur Mataram pada Rabu (30/9). Mayoritas kalangan ibu – ibu tumah tangga yang hadir dalam acara sederhana ini, khidmat dengan suasana kekeluargaan. Sekaligus membahas rencana kedepan untuk menciptakan Kota Kataram yang lebih baik, melalui pesta demokrasi Pilkada serentak yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Ketua Keluarga Besar Dompu – Bima di Kota Mataram Syaiful Islam, menyampaikan bahwa kegiatan ini memang dihajatkan untuk silaturahmi sekaligus membahas arah dukungan pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Menurut Syaiful, figur Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram, Baihaqi dan Baiq Diyah Ratu Ganefi sangat cocok untuk merubah tatanan Kota Mataram menjadi lebih baik kedepan. Ia mengatakan bahwa Kota Mataram butuh perubahan dengan suasana yang baru.

“Jadi melalui forum Keluarga Besar Dompu – Bima di Kota Mataram ini kami berkomitmen mendukung Baihaqi dan Diyah Ratu (BARU) pada Pilkada Kota Mataram 9 Desember mendatang. Karena kalau kami melihat Mataram selama ini tidak banyak kemajuan. Sehingga dibutuhkan pemimpin BARU, yang didalamnya ada figur muda dengan tekadnya membangun Kota Mataram,” katanya.

Saiful mengatakan Kota Mataram butuh pemimpin BARU dengan konsep BARU. Sehingga tidak stagnan dengan kondisi saat ini yang dinilai tidak mencerminkan sebagai daerah Ibu Kota Provinsi NTB. Ia menyindir, selama ini Kota Mataram penuh dengan ide dan gagasan yang kemudian dijual kembali oleh pemimpinnya untuk mendapatkan simpati masyarakat.

“Mataram ini kumuh, hanya didepannya saja kelihatan bagus tapi dibelakangnya kumuh. Kalau mereka pemimpinnya menjual atau mengangkat isu persoalan sampah misalnya, namun kita lihat apa yang sudah dikerjakannya 5 tahun lalu, 10 tahun lalu. Kan jadi pertanyaan,” ujar Syaiful.

Sehingga menurut Syaiful, ketika BARU mengangkat isu kebersihan dan kenyamanan Kota Mataram dalam program pemerintahannya kelak, akan menjadi harapan bagi warga Kota Mataram nantinya yang dapat dibuktikan.

“Konsep BARU sangat relevan dengan kebersihan dan kenyamanan Kota Mataram. Kita akan buktikan itu nanti, ketika terpilih untuk memimpin Kota Mataram,” pungkasnya.

Demikian juga disampaikan salah seorang sesepuh warga Bima, Ummi Umar Yusuf yang meyakini figur Baihaqi dan Diyah Ratu Ganefi sebagai pemimpin yang layak untuk Kota Mataram. Ia mengatakan bahwa komitmen BARU khususnya Baiq Diyah Ratu Ganefi dalam mengelola pemerintahan sudah mumpuni. Hal itu dibuktikan selama periodenya menjadi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dua periode yang tetap solid memperjuangkan pembangunan Daerah di NTB khususnya Kota Mataram.

“Saya yakin BARU bisa mengangkat keberimbangan. Karena sosok Diyah Ratu ini, smenjabat DPD RI terlalu banyak memperhatiakan masyarakat. Diyah Ratu terus turun kemasyarakat tidak melihat status sosial atau kesukuan. Sementara pemimpin Kota Mataram selalu melihat karena ini warga asal sini, itu warga pendatang jadi kurang perhatian. Semua harusnya disama ratakan saja, karena berada di satu daerah yang sama,” ujarnya.

Ummi mengatakan bahwa Diyah Ratu Genefi sudah sangat dekat dengan masyarakat jika hal tersebut menjadi salah satu keutamaan dari pemimpin pilihan rakyat. Ia menyampaikan kondisi Kota Mataram dengan beragam Suku, Agama, Ras dan Adat yang menjadi satu kesatuan sangat cocok dipimpin oleh Baihaqi dan Diyah Ratu. Kolaborasi antara Baihaqi dan Diyah Ratu untuk Kota Mataram akan menjadi tepat seiring dengan konsep perubahan yang dibawanya.

“Hubungan masyarakat khususnya masyarakat Dompu dan Bima di Kota Mataram sangat bagus. Setiap pengajian yang digelar forum tidak pernah tidak hadir. Itu keutamaan seorang pemimpin ya bisa menghargai dan dekat dengan warga masyarakatnya. Dan Diyah Ratu saya rasa sudah mendapatkan itu, menjadi kelebihan dari dirinya yang sangat baik,” kata Ummi.

Karenanya melalui pertemuan ini Keluarga Besar Dompu – Bima di Kota Mataram, Ummi meyakinkan bahwa dukungan pihaknya akan mengarah ke pasangan BARU. “Figur yang menjadi contoh untuk anak muda kedepannya. Dan kita semua siap memenangkan BARU untuk Kota Mataram,” ucapnya.

BacaGan