Sumbawa – Program Kampung Sehat yang diinisiasi Kapolda NTB dalam upaya membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19, terus memotivasi sejumlah wilayah untuk patuh protokol kesehatan. Seperti kampung sehat Lingkungan Maras Kelurahan Samapuin Sumbawa Besar, yang kini tampak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan peninjauan kampung sehat yang digelar pada Sabtu (12/9) ini sengaja dilakukan untuk melihat kondisi prilaku warga di lingkungan setempat. Terbukti, warga di Lingkungan inipun benar – benar menerapkan protokol kesehatan serta prilaku hidup bersih dan sehat mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Camat Sumbawa, Hikmawan yang ditemui di sela-sela peninjauan lingkungan Maras, mengaku jika warga setempat betul – betul melaksanakan protokol kesehatan selama masa pandemi covid-19. Warga lingkungan ini telah lama menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat sehingga tidak mengherankan jika warga di sini patuh dengan protokol kesehatan dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru.

“Sebelum adanya pandemi covid-19, warga lingkungan maras telah terbiasa dengan perilaku hidup bersih dan sehat, terlebih kelurahan Samapuin juga menerapkan Pola Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). kita bisa melihat secara langsung anak-anak bermain layang di pematang sawah dengan menjaga jarak dan tetap pakai masker dan tidak ada rekayasa,” ungkap Hikmawan.

Bahkan pasalnya jika ada kegiatan hajatan atau pesta perkawinan, warga lingkungan Maras sudah sangat paham, membatasi jumlah tamu yang hadir, serta mengatur jam tamu yang hadir antara tamu sesama lingkungan dengan tamu dari luar kelurahan Samapuin.

Disamping himbauan melalui spanduk, baliho, juga melalui kegiatan keagamaan seperti Jumat berjamaah, bahkan setiap ada kegiatan sosial kemasyarakat selalu mengingatkan warga setempat terhadap pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Kami sangat mengapresiasi program kampung sehat ini, sebab masyarakat semakin termotivasi dengan protokol kesehatan serta semakin inovatif dan produktif,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Lurah Samapuin – Ditha Frisqy bahwa selama pandemi covid-19, warga lingkungan Maras betul-betul disiplin dan semakin termotivasi melaksanakan protokol kesehatan.

Pada sektor ketahanan pangan, Lurah mengaku salut dengan warga setempat yang menerapkan sistem “Kulkas Hidup” yakni mempersiapkan kebutuhan pangan di dalam kulkas, seperti ikan, daging, telur, sayuran, serta kebutuhan lainnya yang dihasilkan dari kebun warga dan pekarangan rumah.

“Program kampung sehat ini mampu menekan angka penularan covid-19 karena warga lingkungan maras benar-benar melaksanakan protokol kesehatan,”papar Lurah Samapuin.

to