Mataram – Tim Puma Polresta Mataram kembali berhasil membekuk pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) yang cukup meresahkan warga di Desa Kekeri Gunung Sari Lombok Barat. Pelaku diketahui berjumlah 3 orang, dua diantaranya Det (38) dan HR (34) berhasil diamankan Polisi dalam kurun waktu yang berbeda. Sementara satu pelaku lainnya yang berinisial BB saat ini masih dalam pengejaran polisi.

“Ini pelaku pencurian di daerah Kekeri. Satu pelaku lagi masih dalam pengejaran kita,” ungkap Kasat Reskrim Polresta Mataram, AKP Kadek Adi Budi Astawa pada Selasa (08/09).

Menurut data yang dihimpun, komplotan pencuri itu beraksi pada 12 Juni lalu di wilayah Desa Kekeri. Penelusuran ketiga pelaku oleh polisi, dimulai dari pemeriksaan rumah korban. “Sebenarnya ketiganya kesana seperti survei lokasi dulu. Tapi ada lokasi cocok langsung beraksi saat itu juga,” beber Kasat.

Menurut laporan korban, sedikitnya 4 buah handphone (HP) 1 tas berisi uang tunai digasak komplotan pencuri tersebut dalam waktu semalam. “Usai mencuri, pelaku sempat dicegat oleh polisi. Namun berhasil melarikan diri. Sekarang tinggal satu pelaku lagi yang belum ditangkap,” ucapnya.

Dari dua pelaku yang telah diamankan, polisi menyita 1 buah tas ransel yang berisi senjata tajam dan uang tunai senilai Rp 2.651.000. “Kalau untuk parang dan sajam yang kita temukan saat menangkap pelaku. Belum kita dapatkan keterangan apakah itu digunakan untuk berbuat tindak pidana, Kita periksa lagi nanti,” ungkapnya.

Akibat perbuatannya pelaku terancam dijerat pasal 363 ayat (2) KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal 9 tahun penjara.

Hukrim