Mataram – Pihak Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram akan mengembangkan lingkungan Sindu Barat sebagai objek wisata Kampung Warna-Warni.

Upaya ini sebagai tindaklanjut Lingkungan Sindu Barat yang masuk sebagai juara pertama lomba Kampung Sehat tingkat Kecamatan Cakranegara. Kedepan lingkungan akan “disulap” menjadi destinasi wisata alternatif di Kota Mataram.

Lurah Cakra Utara I Gede Sweca didampingi Kasi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Kelurahan Cakranegara Utara Lalu Halit Wahyu Jati menjelaskan, pengembangan Kampung Warna-Warni di Sindu Barat diinisiasi gagasan Camat Cakranegara, Muhammad Erwan setelah Sindu Barat berhasil meraih juara dalam lomba Kampung Sehat tingkat Kecamatan.

“Pak Camat kemudian menggagas ide kampung warna-warni ini untuk dikembangkan di lingkungan Sindu Barat. Dan respons masyarakat juga cukup bagus, karena yang terpenting adalah partisipasi masyarakat dalam program ini,” katanya saat dijumpai pada Kamis (3/9).

Menurut Halit, saat ini perencanaan program Kampung Warna-Warni tengah dimatangkan. Sejumlah pertemuan aparat Kecamatan, Kelurahan dan lingkungan serta tokoh masyarakat dilakukan untuk membahas konsep Kampung Warna-Warni Sindu Barat.

Gagasan awalnya untuk menghilangkan kejenuhan warga masyarakat yang sudah cukup lama melewati masa pandemi ini. Namun ke depan ini juga bisa menjadi potensi objek wisata baru di Mataram.

“Kampung warna-warni ini untuk menghilangkan kejenuhan masyarakat, sebab dalam masa pandemi kan akses keluar masuk terbatas. Tapi harapan kita ke depan ini bisa menjadi destinasi wisata yang menarik,” katanya.

Halit mentakan konsep kampung warna-warni nantinya, bahwa setiap rumah warga akan dicat dengan warna-warni yang cerah. Tembok-tembok lingkungan juga akan dihiasai dengan lukisan mural berseni tinggi, sehingga cocok sebagai lokasi wisata swafoto yang instagramable.

Halit menjelaskan, pengelolaan kampung warna-warni akan dilakukan berbasis partisipasi masyarakat dengan melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang terdiri dari para kelompok muda di lingkungan setempat. Potensi ini akan semakin bagus dikembangkan, karena Sindu Barat terkenal sebagai pusat seniman di Cakranegara, baik seniman lukis, pahat, dan seni kreasi lainnya.

FOrmasi