Lombok Barat – Calon anggota legislatif dari partai Berkarya Bangbang Kholid, hari ini Selasa (1/9) penuhi syarat untuk di menerima Pergantian Antar Waktu (PAW) sebagai Anggota DPRD Lobar, yang menggantikan H. Marlan yang meninggal dunia beberapa bulan lalu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Barat Bangbang Karyono menjelaskan, bahwa pihaknya sudah menerima surat permintaan data terkait prolehan suara caleg partai Berkarya untuk DPRD Lobar. Ia mengatakan berdasarkan hasil pleno, KPU Lobar sudah menetapkan data perolehan suara. Dalam pleno juga diputuskan peraih suara kedua terbanyak atas nama Bangbang Kholid dengan perolehan suara 1.007 suara sah yang mengantarkannya sebagai Caleg dengan prolehan terbanyak kedua setelah almarhum tersebut. “Berdasarkan PKPU nomor 6 tahun 2017, Bangbang memenuhi persyaratan untuk menerima PAW, karena mendapatkan suara kedua terbanyak di partai Berkarya,” kata Ketua KPU.

Untuk persiapan kelengkapan PAW, juga sudah dilengkapi dengan surat keterangan meninggal, semuanya sudah diterima oleh KPU Lobar yang dikirimkan DPR Lobar. Sebagaimana syarat melakukan atau seseorang bisa mendapatkan PAW, yaitu masih tercatat sebagai anggota partai politik, tidak terdaftar sebagai anggota BUMN atau badan usaha milik daerah, dan tidak dalam posisi sebagai narapidana. “Persyaratan untuk mendapatkan PAW include dalam persyaratan saat mencalonkan diri sebagai caleg,” tegasnya.

Segala kelengkapan syarat yang telah diterima KPU itupun sepenuhnya telah diverifikasi, mulai dari saat awal mendaftar sebagai bacaleg sampai dengan ditetapkan sebagai caleg. Sehingga keputusan pleno KPU terkait dengan perolehan suara, bulat menetapkan Bangbang Kholid memenuhi syarat untuk menjadi penerima PAW berdasarkan PKPU nomor 6 tahun 2017.

Dbd