Lombok Utara – Putra asal Bentek Desa Menggala Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat, berhasil lulus Tahfizul Qur’an, sehingga membuka kesempatan baginya untuk beasiswa penuh melanjutkan pendidikannya di Istanbul Turki.

Muslim (22), putra kedua dari pasangan Mustari dan Raminah keluarga prasejahtera penerima Program Keluarga Harapan (PKH) ini, akan melanjutkan belajar kitab-kitab di Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah Turki. Menyusul prestasi dua orang anak PKH yang mendapatkan beasiswa kuliah di Mesir sebelumnya.

“Alhamdulillah Muslim menyelesaikan hafalan 30 juz hanya dalam 1 tahun 5 bulan. Kini akan melanjutkan pendidikannya di Kota Istanbul. Ini merupakan cita – cita Muslim untuk melanjutkan pendidikan disana,” ungkap Koordinator PKH Kabupaten Lombok Utara, Raden Zulkarnain pada Jumat (21/8)

Keberhasilan anggota PKH mendapatkan beasiswa pendidikan menjadi kebanggaan seluruh pihak. Tak hanya dari sanak keluarga dan dan kerabat, jajaran Kemensos RI di NTB juga turut berbangga. Prestasi Muslim menjadi bukti bahwa dunia pendidikan Ponpes di Lombok cukup diacungi jempol karena mampu membawa setiap peserta didiknya ke kancah internasional.

Kepala Dinas Sosial Perlindungan Anak Dan Perempuan Kabupaten Lombok Utara, Faisol Mangku Alam menyampaikan bahwa selain Muslim, dua rekannya yang lebih dahulu mendapatkan beasiswa di Mesir yaitu Imron Rosadi dan Husni Barokah kini telah berkuliah di Universitas al Azhar Kairo Mesir. Bahkan Imam Mahdun berhasil raih beasiswa di LIPIA Jakarta.

“Anak Penerima PKH Di Kabupaten Lombok utara, telah diadvokasi oleh SDM PKH masuk perguruan tinggi sebanyak 16 orang, baik di Perguruan Tinggi lokal maupun Luar Negeri,” ungkap Faisol.

Faisol mengatakan “anak PKH harus kuliah”, adalah konsen seluruh SDM PKH Di Provinsi NTB yang dimulai tahun 2020. Inovasi Gerakan Ayo Kuliah (Gaul) anak PKH telah bergulir di seluruh Kabupaten/Kota di NTB dengan mendapat dukungan Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, Ahsanul Khalik bahkan mendapat dukungan Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Gaul PKH merupakan inovasi, pemetaan, pembinaan dan avokasi anak PKH kelas XII. Kini sekitar 201 anak PKH telah diadvokasi untuk melanjutkan Pendidikan Perguruan Tinggi di wilayah NTB, wilayah lain di Indonesia dan Luar Negeri.

Dbd