Lombok Utara – Pandemi Covid-19 terus mencetak angka kasus baru setiap harinya secara nasional. Namun sejalan dengan peningkatan kasus, upaya pemerintahpun tak henti untuk melokalisir sebaran guna memutus rantai perkembangannya. Dalam rangka memerangi wabah Covid-19 di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengambil bagian untuk terlibat serta berkomitmen untuk terus mendukung upaya penanganan serta penekanan angka pertumbuhan wabah ini. Komitmen ini diwujudnyatakan melalui donasi berupa alat-alat medis kepada sejumlah lembaga independen. Kali ini, BCA melalui Bakti BCA memberikan bantuan berupa masker, sarung tangan, surgical mask, faceshield, dan coverall kepada garda terdepan penanganan Covid-19 di Lombok Nusa Tenggara Barat.

Bantuan alat pelindung diri senilai hampir Rp50 juta inipun diserahkan oleh Kepala KCU BCA Cakranegara Indrawanto Sahama kepada Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, dan dr Lina Nurbaiti M Kes Perwakilan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) NTB di KCU BCA Cakranegara, Lombok pada Jumat (24/04).

“Kami mencermati bahwa setiap pihak memiliki peran yang penting dalam rangka melawan wabah COVID-19 dengan kapasitasnya masing-masing. BCA sebagai salah satu institusi keuangan di Indonesia turut berperan melalui penyaluran donasi kepada tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan COVID-19. Oleh karena itu, hari ini kami menyerahkan bantuan untuk wilayah Lombok. Kami berupaya agar penyaluran bantuan merata ke seluruh Indonesia. Hal ini merupakan wujud kesungguhan kami dalam membantu pemerintah menangani Covid-19,” ujar Indrawanto.

Ia menyampaikan sejak Maret lalu, BCA secara konsisten menyalurkan bantuan ke berbagai pihak dalam rangka membantu penanganan COVID-19 di Indonesia. Sejumlah ventilator dan alat medis lainnya telah diserahkan ke sejumlah rumah sakit, di antaranya RSPAD Gatot Soebroto, RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, RS Eka Hospital BSD dan RS St. Carolus Jakarta. Sebelumnya, BCA juga telah menyalurkan donasi melalui crowfunding BenihBaik.com. Hingga saat ini, total yang telah didonasikan BCA untuk penanganan COVID-19 di Indonesia mencapai hampir Rp 12 miliar.

“Kami berharap bantuan yang diberikan pada hari ini dapat turut mendukung upaya tim medis dalam menangani pasien COVID-19 di Lombok. Kami senantiasa berdoa untuk kesehatan tenaga medis serta kesembuhan para pasien sehingga dapat kembali sehat dan beraktivitas seperti sedia kala. Mari sama-sama memutus mata rantai penyebaran wabah ini dengan menerapkanh anjuran pemerintah seperti social & physical distancing, work from home, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Apresiasipun disampaikan Bupati Lombok Utara Najmul Ahya, karena selama ini BCA telah benyak mendukung upaya pemerintah daerah dan bahkan sejak Lombok dilanda bencana Gempa Bumi pada 2018 lalu.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih sekali dengan bantuan dari BCA yang selama ini banyak mensupport Pemkab Lombok Utara sejak gempa lalu,” katanya.

Najmul berharap, dengan kerjasama seluruh pihak permasalahan Covid-19 dapat segera berlalu.

n_Rul