Mataram – Great seal Lombok – Sumbawa tahun 2020 resmi dibuka mulai 25 Januari dan berlaku selama satu bulan kedepan hingga 25 Februari mendatang. Gebyar diskon produk pariwisata di NTB ini menawarkan produk – produk wisata dengan diskon harga yang mencapai 70%. Pemerintah berharap agenda pertama dalam Calender of Event Lombok – Sumbawa tahun 2020 dapat lebih bersemangat dibandingkan tahun – tahun sebelumnya.

“Karena Lombok – Sumbawa great seal ini adalah event pertama ditahun 2020. Sehingga harus kita hadapi dengan semangat yang jauh lebih besar lagi dengan tahun sebelumnya,” ujar Wagub dalam sambutannya saat membuka secara resmi Great Seal Lombok – Sumbawa di Mataram pada Sabtu (25/1),

Bersama dengan harapan itu Wagub meminta, agar pariwisata NTB tahun ini tidak berorientasi pada jumlah wisatawan yang datang, melainkan lebih mengedepankan pada aspek devisa yang berimplikasi pada kesejahteraan masyarakat. Karenanya ia berpesan agar barometer pariwisata NTB harus mengedepankan kualitas dan kuantitas yang terintegrasi. Utamanya tentang pengelolaan sistem informasi dan pemanfaatan teknologi, agar wisatawan dari seluruh dunia dapat dengan mudah mengakses program Great Seal Lombok – Sumbawa 2020.

“Bisa jadi jumlahnya sedikit tetapi devisanya berlipat. Bisa jadi jumlahnya saja yang banyak tetapi malah devisanya turun,” Jadi kedepan orientasi pariwisata kita harus keduanya, kualitas yang pertama dan kuantitas. Kolaborasi keduanya ini yang nantinya dapat berimbas kepada peningkatan kesejahteran masyarakat,” pungkasnya Wagub.

Diskon wisata besar – besaran di tahun 2020 ini, menjadi lebih menarik dengan meningkatnya peserta yang mendukung program Great Seal. Sehingga peluang target transaksi yang diharapkan mencapai 25 miliar dapat mudah tercapai. Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Faozal menyampaikan, bahwa tenant yang ikut serta pada agenda Great Seal Lombok – Sumbawa tahun ini meningkat seratus persen.

“Tahun 2019, sebanyak 185 tenant dan di tahun 2020 seratus persen meningkat. Karena ini adalah kerja besar dari rekan – rekan yang mendukung persiapan great seal, sehingga peserta tahun 2020 ini 320 tenant yang sudah siap menjadi pendukung,” terangnya.

Tidak hanya itu, Great Seal Lombok – Sumbawa tahun ini juga ditunjang dengan promosi digital yang diharapkan dapat membuka akses informasi bagi dunia. Layanan aplikasi Great Seal Lombok – Sumbawa, akan memberikan kemudahan khususnya bagi passanger airline untuk pemesanan dan perbelanjaan produk NTB.

“Kami sudah mempersiapkan aplikasi untuk rekan – rekan yang menikmati great seal. Ada kerjasama kami dengan airline, nanti setiap passanger yang menggunakan air asia maka boarding past bisa terakses langsung kepada hotel – hotel yang telah menyiapkan diskon mulai dari 30% sampai dengan 40%,” tandas Faozal.

aNd