Gunung Sari – Sebagai wujud dukungan untuk semakin menggeliatkan industri pariwisata daerah, sekelompok pemuda asal Kecamatan Gunungsari Lombok Barat NTB, menggagas sebuah Festival Pesona Wisata Gunungsari. Event ini berupa mengembangkan potensi destinasi wisata desa berbasis alam yang bertujuan untuk menumbuhkan cinta lingkungan bagi warga setempat sekaligus mendongkrak kebangkitan pariwisata di Kabupaten Lombok Barat, khususnya di Kecamatan Gunungsari.

Salah satu inisiator Festival Pesona Wisata Gunungsari, Sopian, mengatakan kegiatan direncanakan akan digelar pada Februari mendatang, dengan melibatkan para pemuda daerah setempat, yang diantaranya

Festival Pesona Wisata Gunungsari sendiri digagas oleh sejumlah pemuda yang ada di Kecamatan Gunungsari, di antaranya Komunitas pengawasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), pemuda cinta wisata dan kelompok karang taruna.

“Gunungsari memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik dari daerah lain dan memiliki nilai jual serta sebagai ajang sosialisasi dan rasa keprihatinan terhadap kasus – kasus tindak perdagangan orang yang terus meningkat,” jelas Sopian.

Sopian menyebutkan, nantinya Festival Pesona Wisata Gunungsari akan diramaikan dengan sepeda wisata tiga bukit, atraksi perisaian, traking alam dan trail tiga bukit.

“Nanti para peserta kita akan ajak berkeliling menikmati beberapa destinasi wisata yang ada di Kecamatan Gunungsari, seperti bukit tiga rasa, suasana air terjun Gripak, bukit Korea, dan beberapa objek wisata lain,” ujarnya.

Menurut Sopian, untuk pendanaan Festival Pesona Wisata Gunungsari, dikumpulkan secara swadaya oleh pemuda setempat dari donatur swasta maupun pemda.

“Jadi ini murni dari inisiatif para pemuda yang dilakukan secara sukarela dengan harapan dari festival ini wisata di Kabupaten Lombok Barat dapat maju dan melalui wisata mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar,” katanya.

Dbd