Mataram – Cuaca yang tidak menentu beberapa waktu ini membuat Pemerintah Provinsi NTB mengeluarkan imbauan, agar masyarakat lebih siap menghadapi kemungkinan yang terjadi sebagai dampak cuaca. Seperti halnya bencana yang bersifat hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Dalam imbauan tertulis Gubernur NTB yang dikeluarkan pada Kamis (9/1), meminta kepada para pemangku kepentingan untuk membangun koordinasi dengan instansi-instansi yang memiliki tugas dan tanggungjawab dalam hal kebencanaan.

“Diimbau kepada Sekda Kabupaten/Kota selaku Kepala BPBD Kabupaten/Kota, agar melaksanakan Koordinasi dengan Instansi terkait termasuk TNI/POLRI, dalam menentukan langkah-langkah antisipasi menghadapi ancaman berbagai jenis bencana yang terjadi dan sekaligus menjadi Komando Tanggap Darurat,” kata Gubernur.

Tentunya, bencana dapat menimbulkan kerugian kepada masyarakat, oleh karena itu, Gubernur juga mengimbau kepada pemerintah kabupaten/kota untuk mempersiapkan segala macam kebutuhan, dalam menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja di cuaca yang tidak menentu ini.

“Pemerintah Kabupaten/Kota juga diimbau untuk tetap menyediakan cadangan Logistik, Peralatan, Sandang dan Obat-obatan untuk kebutuhan darurat korban bencana,” pesannya.

Ia berharap, ada atau tidaknya bencana yang melanda provinsi NTB, perjalanan menuju NTB Gemilang dapat terus berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Hms