Lombok Timur – Rombongan Gubernur NTB Zulkieflimansyah berkunjung ke Desa Sakra Selatan, Lombok Timur untuk berdialog dengan ratusan petani dan warga. Dalam kesempatan ini Gubernur melihat langsung hasil kerajinan tangan anak-anak muda desa Sakra selatan, seperti gitar dan gerabah.

Dalam dialog tersebut, Gubernur Zul menegaskan bahwa industrialisasi itu sangat penting, demi kelancaran pembangunan di NTB.

“Jadi bapak ibu, jangan sampai ketika kita mendengar kata industrialisasi, pikiran kita itu pembangunan-pembangunan besar, industrialisasi itu sebuah proses perubahan sosial ekonomi, seperti mengubah kayu menjadi gitar,” ujarnya.

Industrialisasi revolusi, lanjut Gubernur, adalah semangat memperdalam struktur industri, di mana segala potensi mampu diolah sendiri sehingga mampu memperkaya produksi dan meningkatkan nilai jual dari produksi itu sendiri.

“Kalo selama ini kita jual jagung, maka periode selanjutnya kita harus mampu mengolah jagung tersebut di daerah kita sendiri, contohnya gitar tersebut, biasanya kayu kita jual murah, ketika di olah, kayu yang yang dua meter harganya bisa jadi dua sampai tiga juta,” ungkapnya.

Sesi dialog bersama masyarakat menghasilkan sejumlah solusi dari permasalahan yang dialami di daerah khususnya di Desa tersebut.

“InsyaAllah pak bupati pasti bantu, saksinya saya, dan masyarakat semua. Kalau kita kompak, pemerintah provinsi, kabupaten, dan masyarakat, Insya Allah seluruh keluhan petani bisa kita selesaikan bersama,” ujar Gubernur menyemangati para petani.

Menutup dialognya, Gubernur Zul menyampaikan dirinya ingin agar NTB benar-benar ramah Investasi. “Mari kita jadikan NTB ini sebagai rumah yang sangat ramah terhadap investasi,” pungkasnya.

Hms