Jakarta – Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin memimpin rapat terkait Rehabilitasi dan Rekonstruksi pasca gempa Provinsi Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, pada Kamis (14/11). Hadir dalam rapat itu, mewakil NTB yakni Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah.

Wapres menyampaikan agar penanganan rehabilitas dan rekonstruksi di NTB harus tertangani secara tuntas. Karena itu, ia meminta Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati untuk segera memenuhi tambahan dana yang diusulkan oleh pemerintah kabupaten/kota terdampak di NTB.

Wapres juga meminta jajaran pemerintah Provinsi NTB utk mempercepat penuntasan validasi data. Selain itu Wapres meminta pemerintah provinsi untuk melayani dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat, terutama yang rumahnya masih dalam tahap pembangunan atau perbaikan.

Wapres juga memberikan apresiasi atas percepatan rehab rekon yang dilakukan NTB dengan bekerjanya seluruh pihak dalam capaian progres tersebut.

“Sesuai dengan apa yang disampaikan kepala BNPB bahwa pola NTB akan dipakai di beberapa daerah yang sedang mengalami bencana,” jelas Wapres

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah memberikan perhatian penuh kepada korban gempa di NTB. Hal itu dibuktikan dengan bantuan untuk percepatan Rehab Rekon rumah, Fasos dan Fasum juga ditangani dengan cepat.

“Kami akan terus bekerja maksimal untuk percepatan karena masa transisi darurat akan berakhir pada 31 Desember 2019,” ungkap Wagub.

Hms