Mataram – Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang, Hirohisa Chiba di Ruang Kerjanya pada Jumat (1/11).

Kunjungan tersebut membahas berbagai ide dan gagasan kerja sama yang sedang, dan akan dilakukan Pemerintah Jepang dan Provinsi NTB kedepan. Hal-hal yang menjadi pembahasan diantaranya bidang pendidikan, pariwisata, tenaga kerja dan juga kerja sama di sektor kerajinan asli NTB.

Wakil Gubernur menyambut positif hal tersebut, terlebih menurutnya Jepang merupakan negara maju yang memiliki banyak hal positif yang bisa ditiru oleh NTB, khususnya dalam hal pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan.

“Kami ingin sampah-sampah di NTB ini dikelola dengan baik agar menjadi hal yang berguna bagi masyarakat,” tutur Wagub.

Dalam kesempatan ini juga, Wakil Gubernur menyampaikan program unggulan Pemprov seperti Zero Waste atau bebas sampah dan juga Revitalisasi Posyandu.

“Kami ingin Posyandu lebih baik lagi dan lebih berkualitas, kita berikan pemahaman dan edukasi dari Posyandu, selain edukasi dari sekolahnya juga,” lanjutnya.

Mengenai pariwisata, Wagub Rohmi mengungkapkan bahwa NTB terus meningkatkan penerbangan langsung dari berbagi negara. Hal itu dilakukan agar akses ke NTB dapat lebih mudah. Ia berharap berbagai kerja sama yang terjalin antara Jepang dan Indonesia, khususnya Provinsi NTB berjalan baik dan dapat terus ditingkatkan.

“Insya Allah kalau ke NTB tidak akan menyesal, karena memang indah untuk dikunjungi,” jelasnya.

Hirohisa Chiba pada kesempatan itu mengaku senang bisa mengunjungi NTB. Terkait program mitigasi bencana, ia menuturkan bahwa Jepang selalu melakukan edukasi kepada masyarakat, khususnya kepada anak-anak sekolah.

“Setiap pemerintah daerah di Jepang melakukan pengawasan agar selalu siap apabila ada bencana,” ungkapnya.

Ia mengaku mendukung program NTB Zero Waste, karena baginya pengolaaan sampah merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha menjaga lingkungan.

“Harapan kami di seluruh bidang dapat saling membantu, ada kurang lebih 100 orang Jepang yang tinggal di NTB. Mudah-mudahan kedepannya wisatawan Jepang semakin banyak yang berkunjung ke NTB ini,” harapnya.

Hms