Mataram – Pelaksana tugas Dinas Komunikasi Informatika Statistik provinsi NTB I Gde Putu Aryadi mengatakan, selama kurun waktu Oktober 2019 layanan aduan NTB Care telah menerima 38 aduan langsung dari masyarakat.

Ia menerangkan bahwa, sejumlah aduan masih berkutat di sektor yang sama seperti bulan sebelumnya. Seperti halnya masalah air bersih, sampah, layanan publik, serta masalah yang akhir – akhir ini menyedot perhatian publik yakni tentang kenaikan harga semen.

Sejauh ini, aduan masyarakat terkait kenaikan harga semen telah direspon cepat oleh pemerintah daerah, melalui Dinas Perdagangan Provinsi NTB bersama Disperindag Kabupaten/Kota. Seperti melakukan sinergi untuk mengantisipasi dan mencari solusi tepat termasuk melakukan operasi pasar.

Belum lama ini Disperindag NTB telah melakukan operasi pasar bersama distributor semen se pulau Lombok, dengan tujuan memastikan harga semen dapat dijangkau warga dan juga untuk menstabilkan harga. Hal itu dilakukan sebagi upaya untuk menjawab keluhan masyrakat, dan disisi lain warga juga sangat membutuhkan semen untuk percepatan membangun rumah pasca gempa.

Aduan selanjutnya datang dari ujung timur Lombok, tentang sampah yang berserakan di area pantai Labuhan Haji Lombok Timur. Dalam aduannya warga meminta pihak berwenang dalam hal ini pemda Lotim untuk melakukan pengawasan dan tindakan tegas terhadap oknum tak bertanggung jawab yang melakukan dengan sengaja pembuangan sampah diarea pantai. Terlebih saat ini pantai Labuhan Haji dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari andalan bagi warga di wilayah Lombok Timur, maka dari itu dibutuhkan perhatian khusus terkait permasalahan sampah tersebut.

Dari Kabupaten Lombok Barat warga menginginkan adanya perhatian dari pemerintah untuk kaum muda setempat, dalam hal ini warga meminta agar pemerintah memberikan ruang dan kesempatan hingga memfasilitasi kelompok/komunitas muda berbentuk program kegiatan.

Menanggapi hal itu, plt. Kepala Dinas Kominfiotik NTB I Gde Putu Aryadi, mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mendesain fitur platform berbasis laman daring (website) yang terintegrasi langsung di website resmi dikominfotik NTB, yang tujuannya untuk menampung kreatifitas komunitas atau kaum muda NTB, khususnya di bidang penulisan.

“Saat ini sedang kita rancang satu tools portal berita di website resmi kami bertajuk Jurnalisme Warga dan Millenial yang nantinya akan difungsikan untuk menampung karya terbaik dari putra putri NTB berbentuk tulisan,” jelas Aryadi.

Ia mengatakan, dengan adanya penambahan layanan menu ini, diharapkan anak muda NTB dimanapun berada dapat menginformasikan apapun termasuk progres pembangunan NTB, bahkan mereka juga dapat mengabarkan kemajuan, inovasi, kreatifitas, ataupun potensi desa tempat tinggalnya.

Cominfo