MATARAM – Penampilan luar biasa Batalyon Infanteri (Yonif) 742/SWY Korem 162/WB dalam aksi pertempuran kota dan Bela Diri Yong Moo Do ditunjukkan dalam demonstrasi di upacara peringatan HUT Polri ke 73 tahun 2019 yang dilaksanakan di lapangan Lanud Zam Rembiga, Rabu (10/7).

Yonif 742/SWY tampil memukau membuat para tamu undangan dari Forkopimda NTB, tokoh agama dan tokoh masyarakat berdecak kagum. Salah satu aksi yang banyak menyita perhatian tamu undangan dan masyarakat sekitar yang ikut menonton adalah aksi Bela Diri Yong Moo Do, yaitu beladari tangan kosong ketika terpaksa harus membela diri tanpa adanya senjata atau kehabisan amunisi. Tekhnik memukul, menangkis, mengunci dan membanting mematahkan serangan lawan diperagakan dengan cepat, tepat dan mematikan.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., menjelaskan demonstarsi Perang Kota yang ditampilkan anggota Yonif 742/SWY sebagai pasukan pemukul Korem bersama anggota Brimob Polda NTB merupakan wujud implikasi dilapangan dalam penanganan insurgensi maupun terorisme dan sejenisnya yang bersifat menggangu pertahanan dan keamanan bangsa dan negara.

Aksi demonstrasi yang ditampilkan kata Danrem. adalah juga sebagai wujud sinergitas TNI Polri yang selama ini terus terjalin dengan baik.

“Alhamdulillah hingga saat ini kami TNI Polri solid dan kompak baik ditingkat pusat hingga didaerah-daerah sebagai benteng pertahanan dan keamanan dalam menjaga keutuhan NKRI,” terang Danrem sambil mengangkat dan mengepalkan tangannya mengucapkan “Dirgahayu Polri ke 73 semoga tetap semangat dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.”